Kalah Tipis dari Kalteng Putra, Persebaya Maju ke Babak 8 Besar



SURABAYA, FaktaNusantara.com - Dalam laga terakhir Grup C babak 16 besar, Persebaya Surabaya harus menerima kekalahan saat bermain di kandang sendiri, Stadiun Gelora Bung Tomo (GBT) Kamis (12/10/2017) sore. Tim berjuluk Bajul Ijo dipermalukan tamunya Kalteng Putra dengan skor akhir 0-1.

Kekalahan ini sebenarnya tidaklah mengejutkan jika melihat dalam dua laga terakhir yang dilakoni Persebaya. Pasalnya, Persebaya tidak bisa mencetak gol di dua pertandingan sebelumnya. Pertama, saat Persebaya bermain imbang melawan Persigo Semeru FC di Jember. Selanjutnya, Bajul Ijo ditahan imbang tanpa gol oleh PSBS Biak di GBT, Minggu (8/10) kemarin.

Mendominasi pertandingan sejak kick off babak pertama dibunyikan, Persebaya gagal menyarangkan gol ke gawang Kalteng Putra yang dikawal oleh kiper kawakan Galih Sudaryono. Berkali-kali kiper senior ini melakukan penyelamatan gemilang. Dimulai dari menghalau sepakan Oktavianus Fernando di menit ke-3 meneruskan umpan lambung Misbakus Solikhin, kemudian berturut-turut menahan tendangan Sidiq Saimima di menit ke 8.

Selang beberapa menit kemudian, giliran Ricky Kayame mengancam, namun tendangannya masih melenceng tipis di sebelah kiri gawang Kalteng Putra. Sampai dengan babak pertama skor masih 0-0.

Di menit-menit awal babak kedua, Kalteng Putra mencoba berinisiatif melakukan penyerangan. Namun, tak berapa lama Persebaya kembali mendominasi permainan. Namun, sayang finishing touch dari para pemain Persebaya yang kurang tajam membuat peluang-peluang yang didapat terbuang percuma.

Merasa kurang puas dengan kinerja timnya, pelatih Persebaya Angel alfredo Vera memasukkan beberapa pemain untuk menambah daya gedor pasukannya. Diantaranya, Rangga Muslim menggantikan Misbakus Solikhin (58"), Mei Handoko P menggantikan Sidiq Saimima (68") dan Yogi Novrian menggantikan Aburizal Maulana (74").

Alih alih mencetak gol, Persebaya Surabaya malah kecolongan di menit 77. Melalui serangan balik cepat, pemain Kalteng Putra bernomor punggung 11, Rifaldi Bawuo berhasil menceploskan si kulit bundar ke gawang Persebaya yang dikawal oleh Miswar Saputra setelah melewati beberapa pemain belakang Persebaya.

Meski hingga akhir pertandingan Persebaya mendominasi pertandingan, namun Tim Bajul Ijo gagal untuk menyamakan kedudukan.

Kekalahan ini membuat Persebaya Surabaya menempati posisi runner-up dengan 9 poin, dibawah Kalteng Putra yang mengumpulkan 11 poin. Keduanya juga berhasil lolos di babak 8 besar Liga 2.(hnd)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.